Selasa, 10 Maret 2009

Pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian

MENDAPATKAN sahabat adalah hal sulit. Sebab, sering kali persahabatan bisa terjalin karena dorongan kesesuaian sifat masing-masing. Begitu juga dengan pekerjaan.

Semua orang pasti ingin mendapatkan di mana dia mendapatkan gaji tinggi, punya lingkkungan kerja yang menyenangkan, dihargai, dan hal positif lainnya. Tidak salah jika sampai ada individu yang bilang, "Ini adalah pekerjaan terbaik di dunia."

Namun, mendapatkan pekerjaan yang benar-benar cocok, terutama yang sesuai degan kepribadian bukanlah persoalan yang mudah. Sering kali, kita meski melakukan kompromi atau mengorbankan sesuatu ketika mendapatkan pekerjaan. Misalnya, ketika Anda merasa bahwa Anda adalah orang yang aktif dan agak santai, tentu akan menyusahkan ketika harus bekerja di belakang meja. Pun juga sebaliknya.

Atau, ketika Anda tipikal pemalu dan sulit bergaul dengan orang-orang baru, tentu membuat Anda bakal tersiksa dengan pekrejaan yang menuntut interaksi sosial yang intents. Begitu juga ketika Anda terbiasa bekerja sendiri, tentu akan sulit mencapai hasil maksimal jika Anda harus bekerja dalam tim.

Rachel Zupek, seorang konsultan karier, memberi sedikit pertolongan dengan memberikan gambaran pekerjaan apa yang sesuai dengan kepribadian Anda. Bagaimanapun juga, pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, punya peluang untuk mendapatkan hasil positif daripada pekerjaan yang tidak sesuai.

Rachel, membagi kepribadian itu dalam enam kelompok besar di mana sebagian besar orang masuk di dalamnya. Dari sifat-sifat itu, Rachel melihat pekerjaan apa yang cocok. Patut diingat, pekerjaan itu memerlukan pendidikan dan skill yang berbeda. Dengan tahu lebih awal, kesempatan untuk mempersiapkan diri jadi lebih baik.

Artistik

Orang dengan kepribadian yang artistik sering ditandai dengan memiliki kreativitas. Seolah-olah, kreativitas adalah bawaan lahir mereka. Mereka juga punya imajinasi yang bagus, jauh melebihi orang-orang pada umumnya. Orang-orang artistik lebih suka menunjukkan diri mereka lewat hasil kerja mereka, bukan mamatuhi kerja-kerja dengan struktur yang tegas dengan jelas.

Orang-orang ini lebih suka bekerja tanpa aturan yang terlalu mengikat. Mereka suka bekerja dengan pola, bentuk, warna, dan huruf. Pekerjaan yang cocok untuk orang-orang artistik adalah; jurnalis, penulis, editor, desainer grafis, arsitek, guru seni, seniman, ahli parfum.

Konvensional

Orang-orang konvensional adalah orang-orang yang menyukai hal-hal yang konvensional, semacam aturan, prosedur, jadwal dan intruksi. Semua hal itu cocok sekali dengan orang-orang dengan yang bertipe konvensional. Teratur, rapi, tetapi agak sedikit kering. Mereka ini orang-orang yang lebih suka bekerja dengan data dan angka, dibandingkan dengan ide. Orang-orang konvensional adalah orang-orang yang praktis, menyukai rutinitas dan aturan. Pekrjaan yang cocok adalah; akuntan, perencana keuangan, analis.

Pekerja

Orang-orang bertipe pekerja sering dinilai punya kedekatan dengan sifat-sifat seorang pemimpin. Mereka suka membayangkan sebuah proyek dari awal hingga akhir, terutama jika proyek itu berkaitan dengan bisnis.

Mereka lebih suka bertindak daripada terlalu lama berpikir, selain itu, mereka lebih suka melihat sesuatu dari gambaran besar, bukan dari hal-hal kecilnya. Pekerjaan yang cocok adalah; agen iklan, analis manajemen, sales manager.

Investigatif

Orang-orang dengan kepribadian investigatif adalah orang-orang yang sebenarnya suka bekerja sendiri. Mereka lebih suka memakai logika daripada imajinasi, suka memecahkan masalah dan misteri. Mereka orang-orang yang mencintai presisi, pengetahuan ilmiah dan memberikan perhatian sangat besar pada detail. Pekerjaan yang cocok adalah; analis sistem komputer, peneliti, ahli statistik, teknisi software, dan pustakawan.
(sindo//tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar