Selasa, 10 Maret 2009

Kepribadian Paranoid

Curiga merupakan sesuatu yang lumrah dialami manusia, apalagi orang yang selalu dalam bahaya, seperti masayarakat gaza yang sedang di hajar ama israel saat ini. Curiga dianggap normal jika perasaan curiga ini masih bisa ditoleransi oleh lingkungan dan masyarakat sekitar, namun jika perasaan curiga sudah kuat sekali sehingga merugikan masyarakat dan diri sendiri, maka bisa dikatakan sebagai gangguan kepribadian paranoid.

Menurut W.F. Maramis dalam bukunya ‘Catatan Kedokteran Jiwa’

Kepribadian paranoid adalah suatu gangguan kepribadian dengan sifat curiga yang menonjol, orang seperti ini mungkin agresif dan setiap orang lain yang dilihatnya dianggap sebagai agresor terhadapnya. Ia bersikap sebagai pemberontak dan angkuh untuk menahan harga diri, sering ia mengancam orang lain sebagai akibat dari proyeksi rasa bermusuhannya sendiri. Dengan demikian ia kehilangan banyak teman dan mendapatkan banyak musuh.

Adakah di sekitar anda orang dengan gangguan kepribadian paranoid? kalo emng ada hati-hati lho, karena gangguan kepribadian seperti ini merupakan gerbang menjadi psikopat :evil:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar