Jumat, 13 Maret 2009

Bill Gates Mulai “Tinggalkan” Microsoft

Bill Gates Mulai “Tinggalkan” Microsoft

Bill Gates memberikan pidato terakhirnya sebagai karyawan tetap Microsoft di konferensi TechEd Developers yang dihadiri para pengembang perangkat lunak. Gates sendiri memulai karirnya sebagai pengembang perangkat lunak 33 tahun yang lalu saat ia mendirikan Microsoft, dan para pengembang yang membangun sistem operasi Windows adalah alasan utama kesuksesan Microsoft.

Dalam pidatonya, Gates mengaku bahwa “keberhasilan Microsoft disebabkan oleh hubungan erat kami dengan para pengembang.” Gates kini lebih berkonsetrasi penuh sebagai karyawan tetap organisasi sosial Bill and Melinda Gates Foundation. Meski demikian, Gates masih tercatat sebagai chairman Microsoft.

Sebelum meninggalkan Microsoft, Gates memaparkan visi masa depan perusahaan yang dibangunnya ketika itu bersama Paul Allen. Dalam bidang pelayanan, Microsoft berniat untuk bersaing dengan Google (App Engine) dan Amazon.com (Amazon Web Services) untuk menyediakan data center terbesar dunia untuk pelayanan hosting.

Selai itu, Gates juga mendiskusikan teknologi web Microsoft yaitu Internet Explorer (IE) yang merupakan salah satu aset dan beban terbesar bagi Microsoft. Software web browser ini telah membawa Microsoft ke masalah legal di Amerika Serikat yang masih berlangsung hingga kini. Gates memperingatkan adanya pesaing yang perlu diwaspadai yaitu browser open source Firefox. Versi anyar IE8 beta 2 ditargetkan akan keluar di bulan Agustus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar