Selasa, 10 Maret 2009

Bagaimana Supaya Blog Anda Dikunjungi Pengunjung Lagi & Lagi & Lagi

Bagaimana Supaya Blog Anda Dikunjungi Pengunjung Lagi & Lagi & Lagi

Di Indonesia maupun di luar negeri, setiap hari banyak sekali blog yang lahir. Namun blog-blog ini SELALU mempunyai dua tantangan:

1. Jumlah pengunjung yang sedikit (bahkan terkadang tidak ada sama sekali!)
2. Pengunjung hanya datang satu kali saja

Tentunya jika tidak ada pengunjung yang datang ke blog anda, blog anda tidak ada gunanya. Percuma kan sudah cape-cape bikin blog tapi ternyata tidak ada yang datang.

Sebelum saya mulai lebih lanjut, tahukah anda bahwa untuk membuat pengunjung yang pernah ke blog anda datang lagi dikemudian hari (repeat visitors) jauh lebih mudah dan lebih murah dibanding mendatangkan pengunjung ke blog anda untuk pertama kalinya?

Point nomor 1: Jumlah pengunjung yang sedikit (bahkan terkadang tidak ada sama sekali!) => saya telah bahas bagaimana caranya untuk mendatangkan pengunjung ke blog anda di report gratis saya “1 Juta Rupiah Pertama Lewat Internet” di halaman 28.

Di artikel ini, saya akan membahas point nomor 2, yaitu bagaimana supaya pengunjung yang pernah datang ke blog anda mau datang lagi dikemudian hari.

Untuk mendatangkan pengunjung yang sama ke blog anda secara berulang-ulang, anda perlu memberikan alasan kepada mereka mengapa mereka harus datang lagi. Setiap orang sibuk dan punya aktifitas masing2. Kalau blog anda tidak menarik, tentunya mereka tidak akan datang lagi ke blog anda, dan mereka akan datang ke blog kompetitor anda yang lebih menarik.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membuat blog anda menarik di mata pengunjung (sehingga mereka datang lagi dan lagi dan lagi):

1. Stick kepada 1 topik

Kalau blog anda adalah tentang elektronik, maka bahaslah topik-topik yang berhubungan dengan elektonik. Kan lucu apabila anda bahas tentang piara anjing atau tentang felem terbaru yang sedang main di bioskop. Ingat, pengjung anda datang ke blog anda karena mereka tertarik pada topik yang sedang dibahas, jadi berikanlah mereka topik yang berhubungan.
2. Berilah original content yang bermanfaat

Maksudnya original content adalah content yang unik yang anda bikin sendiri, dan bukan content copy paste dari blog/website lain. Content yang bermanfaat artinya content tsb harus bisa memberikan manfaat buat si pengunjung. Jangan asal ngarang content yang amburadul lalu di posting di blog anda. Pengunjung anda bukan orang bodoh, dan mereka bisa tahu mana content yang bagus dan mana content yang asal-asalan.
3. Berilah original content yang bermanfaat SECARA KONSISTEN

Jika anda hanya berikan content yang bermanfaat hanya satu kali, berarti ketika pengunjung datang untuk kedua kalinya, mereka akan kecewa karena tidak ada content baru yang mereka bisa baca. Untuk membuat mereka datang berkali-kali, anda perlu membuat content yang bermanfaat secara konsisten.
4. Interaksi dengan pengunjung anda

Blog anda sudah siap menerima komentar dari pengunjung, gunakanlah fungsi ini dengan baik. Mintalah pengunjung anda mengatakan pendapat mereka dan beri komentar di blog anda (jika anda adalah pembaca setia blog saya, maka anda pasti sudah tahu ini adalah hal yang selama ini saya lakukan). Dengan adanya komentar, anda dapat berinteraksi dengan pengunjung anda.

Satu hal yang sangat penting untuk diingat adalah pengunjung anda adalah manusia, dan manusia secara umum senang apabila mereka diperhatikan dan dihargai. Dengan memberi kesempatan untuk mengatakan pendapat mereka, mereka akan merasa diperhatikan dan dihargai oleh anda.

5. Bervariasi dengan menyampaikan content anda

Di zaman sekarang (tahun 2008), semua orang sudah kenal dengan video playback di blog. Maksudnya video playback di blog adalah memasang video klip di blog anda.

Siapa sih yang ga kenal YouTube?

Sebisa mungkin, selain menggunakan tulisan text untuk memposting ke blog anda, gunakan juga video (seperti posting saya sebelumnya ttg bagaimana membuat akun PayPal). Dengan adanya YouTube, upload videopun sudah jadi gratis.

Apabila anda baru mulai nge-blog atau anda belum pernah membikin video klip, kemungkinan besar anda kesulitan membikin video bukan? Tidak masalah jika sekarang anda belum bisa membuat video klip, take it easy aja dan belajar perlahan-lahan. Tidak ada kata terlambat apabila anda BENAR BENAR MAU.
6. Jangan terlalu jualan

Manusia secara umum tidak suka dijual/terjual. Saya perhatikan banyak sekali blog (Bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris) yang isi postingnya selalu menjual melulu.

Blog seperti ini tidak akan bertahan lama, dan perlahan-lahan pengunjunnya pun akan kabur. Anda boleh saja jualan, namun jangan terlalu sering. Fokuslah pada memberikan content yang bermanfaat, dan otomatis jualan pun lebih mudah.

Semakin anda kelihatan “desperate” untuk menjual sesuatu kepada orang, maka hampir bisa dipastikan anda tidak akan berhasil menjual kepada orang tsb. Sebaliknya juga sama, semakin anda kelihatan santai dan “play it cool”, justru malah lebih gampang menjual.
7. Pasang MyBlogLog di blog anda

Apa itu MyBlogLog?

Lihatlah pada bagian kanan blog ini yang ada tulisan “Recent Visitors”. Perhatikan disitu ada nama-nama pengunjung yang datang ke blog ini. Kalau nama anda yang muncul di bagian “Recent Visitors” ini, saya yakin anda lebih merasa dihargai dan diperhatikan bukan? Terkesannya anda adalah bagian dari blog ini. Apalagi jika anda pasang foto juga, berarti foto anda tampil di blog saya ini J

Lalu bagaimana caranya supaya foto anda bisa tampil di blog saya ketika anda mengunjunginya? Cukup mudah. Anda hanya perlu register sebuah akun di MyBlogLog (gratis), lalu upload foto anda (seperti di Friendster gitu deh).

Setelah anda berhasil membuka akun disitu, jangan sign out dulu. Bukalah new window di browser anda, lalu anda ke blog ini dan otomatis foto dan nama anda akan muncul disni.

MyBlogLog dimiliki oleh Yahoo dan saya sangat menyarankan anda menggunakan fasilitas gratis ini di blog anda untuk membuat pengjung anda merasa lebih senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar